,

Resep Kue Cucur Beserta Tips Agar Mengembang dan Berserat

kue cucur

Resep kue cucur beserta tips agar mengembang dan berserat- Kue cucur merupakan jajanan tradisional yang sudah mulai sulit kita temukan. Biasanya kue ini dapat kita temukan di pasar tradisional.

Bagi sebagian orang, kue cucur memang terasa unik karena teksturnya yang agak liat dan berserat. Namun, justru itulah yang membuat kue basah ini tetap digemari hingga sekarang. Tekstur luarnya basah dan menggembung, sedangkan dalamnya berserat empuk.

Agar kue cucur yang dihasilkan dapat mengembang dan berserat, kamu harus memperhatikan beberapa tips. Pertama, pastikan adonan benar-benar halus tidak bergerindil. Kedua, biarkan adonan selama minimal 1,5 jam. Hal ini bertujuan agar kue cucur dapat bersarang cantik. Selain itu, tepung beras juga dapat menyerap cairan dengan sempurna yang ditandai dengan tekstur yang lebih berat dan kental saat kamu mengaduknya. Alhasil ketika digoreng, adonan kue cucur akan turun dan membentuk ‘topi’ nantinya. Ketiga, gunakan wajan yang berbentuk cekung dan agak tebal seperti wajan serabi. Wajan jenis ini lebih meminimalisir gosong dan bisa membuat kue cucur berbentuk bagus, yakni bertopi di bagian tengah dan tekstur agak kering di bagian pinggirnya. Keempat, Minyak yang digunakan untuk menggoreng kue cucur tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak seperti untuk deep-fry dan jangan sampai adonan terendam di dalam minyak. Kira-kira untuk wajan serabi, gunakan 3-4 sendok makan minyak goreng untuk satu buah kue cucur. Kelima, minyak harus benar-benar panas ketika adonan dimasukkan. Minyak panas inilah yang membuat si kue cucur berserat dan punya topi di bagian tengahnya. Keenam, ciprati bagian tengah kue cucur dengan minyak agar semakin bersarang. Kamu juga bisa sedikit menggoyang-goyang kue cucur, tapi jangan terlalu sering dibolak-balik ya. Selain itu, tusuk bagian tengah kue cucur untuk membuat “udel”. Menusuk bagian tengah ini juga bisa mengalirkan minyak panas supaya tekstur dalamnya matang merata.

Resep mengenai cara pembuatan kue cucur dapat kamu simak berikut ini.
kue cucur

Bahan:

  • 200 ml air kelapa
  • 100 gr gula pasir
  • 125 gr tepung beras
  • 30 gr tepung terigu
  • Sejumput garam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Masukkan air kelapa dan gula pasir ke dalam panci. Rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan hingga sedikit hangat.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam.
  3. Masukkan air kelapa yang sudah dimasak bersama gula pasir tadi secara bertahap. Oh iya, air kelapa campur gula pasir ini jangan dimasukkan semua tapi sisakan sekitar 50 ml. Mixer dengan speed rendah selama 5-7 menit. Setelah itu, diamkan adonan selama kurang lebih 1,5 jam.
  4. Setelah didiamkan selama 1,5 jam, aduk kembali adonan dan tuang sisa air kelapa campur gula pasir yang 50 ml tadi hingga mendapat kekentalan yang pas.
  5. Panaskan wajan dengan api kecil cenderung sedang, kemudian letakkan minyak sedikit saja. Ambil adonan kue cucur sebanyak 1 sendok sayur, kemudian masukkan ke dalam wajan. Goreng hingga bersarang, kemudian balik sebentar. Angkat kue cucur dan tiriskan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

puding jagung coklat

Cara Membuat Puding Jagung Cokelat Lezat

kue cucur

Resep Kue Cucur Beserta Tips Agar Mengembang dan Berserat