,

Cara Membuat Lapis Beras Matcha Lezat

lapis beras matcha

Cara membuat lapis beras matcha lezat- Kue lapis merupakan salah satu kue tradisional yang masih eksis hingga sekarang. Kamu bisa menemukan kue ini di pasar tradisional atau toko toko kue. Ada beberapa kue lapis, salah satunya adalah kue lapis beras.

Kue lapis biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis lapis atau dua warna yang saling selang seling. Pada kue lapis kali ini saya menambahkan bubuk matcha untuk memberikan warna hijau pada adonan. Selain dapat mempercantik kue lapis, matcha juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya dapat membuat awet muda.

Lapis beras dibuat dengan menggunakan tepung beras dan tepung kanji. Tepung ini kemudian dicampur dengan bahan lain seperti susu cair. Biasanya lapis beras ini menggunakan santan, tapi resep kali ini saya menggunakan susu cair sebagai pengganti santan. Usahakan agar adonan tidak bergerindil. Kamu bisa menggunakan blender agar dapat menghemat waktu dan adonan menjadi tidak bergerindil. Untuk dapat memastikan adonan tidak ada yang bergerindil, saring adonan menggunakan saringan. Bagi adonan menjadi dua bagian dan tambahkan salah satu bagian adonan dengan larutan matcha. Tuang adonan ke dalam loyang. Tuang adonan perlapis selang seling dan kukus setiap lapis selama 5 menit atau hingga mengeras. Setelah penuangan adonan yang terakhir, kukus lapis beras hingga matang. Ketika akan disajikan, potong-potong lapis beras dengan menggunakan pisau yang sudah dilapisi dengan plastik agar lapis beras tidak lenget di pisau.
lapis beras matcha

Bahan:

  • 160 gr tepung beras
  • 35 gr tepung kanji
  • 1/4 sdt garam
  • 150 gr gula pasir
  • 600 ml susu cair
  • 2 sdt teh bubuk matcha, larutkan dengan 2 sdm air hangat

Cara membuat:

  1. Masukkan tepung beras, tepung kanji, garam, gula pasir, dan susu cair ke dalam blender. Blender sebentar hingga gula larut. Disini saya menggunakan blender biar irit waktu dan adonan tidak bergerindil.
  2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Tambahkan larutan matcha pada salah satu bagian dan bagian yang satunya dibiarkan begitu saja.
  3. Panaskan kukusan. Olesi loyang dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit adonan yang diberi tambahan matcha. Kukus selama 5 menit atau sampai mengeras. Tuang sedikit adonan tanpa penambahan matcha diatas adonan tadi. Kukus kembali selama 5 menit. Tuang kembali adonan yang ditambahkan matcha, kemudian kukus kembali. Begitu seterusnya sampai adonan habis.
  4. Setelah adonan terakhir dituang, kukus adonan lapis beras matcha selama 25 menit.
  5. Setelah matang, angkat lapis beras matcha dan dinginkan.
  6. Potong lapis beras matcha dengan pisau yang dibungkus plastik agar gak lengket saat dipotong.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

seblak basah

Cara Membuat Seblak Basah Enak Gurih dan Pedes

lapis beras matcha

Cara Membuat Lapis Beras Matcha Lezat